10 Lagu Jepang Terfavorit

15 Sep

Banyak lagu yang sering kita dengar sehari-hari baik dari radio, televisi, mp3, maupun dalam bentuk kaset CD/DVD. Tentunya, setiap orang mempunyai lagu favoritnya masing-masing. Dan, disini saya akan menulis 10 lagu Jepang favorit saya. Saya memang suka dengan musik Jepang walaupun tidak begitu banyak yang saya ketahui. Saya suka musik dan lagu Jepang karena memiliki kekhasan tersendiri dibandingkan dengan musik dari negara lainnya. Selain itu, dari segi lirik lagu sangat memiliki tema dan konten yang variatif. Dan juga lirik lagu Jepang lebih mudah dihapalkan saat dinyanyikan. So, inilah 10 lagu Jepang terfavorit versi saya :

  • Kokoro no Tomo – Lagu ini dinyanyikan oleh penyanyi wanita legendaris asal Jepang yaitu Mayumi Itsuwa. Dari artikel yang pernah saya baca lagu ini tidak begitu populer di Jepang, tapi di Indonesia dan beberapa negara Asia Tenggara lainnya lagu ini begitu populer di zamannya (sekitar tahun 80-an). Saya sendiri mulai mengenal dan mengetahui lagu ini dari salah satu guru saya di pesantren. Pada saat itu, diadakan les bahasa Jepang di asrama putri saat jam belajar malam setiap satu kali seminggu. Ceritanya kelas tambahan. Kelas perdana saat itu sang guru memulai pelajaran bahasa Jepang dengan memutar dua buah lagu berbahasa Jepang yaitu First Love (Utada Hikaru) dan Kokoro no Tomo/Teman Hati (Mayumi Itsuwa), murid-murid diberikan dua lembar kertas berisi tulisan lirik kedua lagu tersebut dalam bahasa romaji. Sang guru mengatakan “kita akan mulai belajar bahasa Jepang dimulai dari kedua lagu ini.” Akhirnya kelas perdana saat itu adalah menyanyikan kedua lagu tersebut secara berulang-ulang. Dan kami murid-murid ‘happy.’ Maksud dari metode tersebut ternyata sang guru ingin para murid terbiasa dulu mendengar kata-kata dan pengucapan dalam bahasa Jepang melalui lagu tersebut. Dan jadilah lagu Kokoro no Tomo lagu yang paling terekam di otak saya, selain karena melafalkan kata-katanya yang tidak begitu sulit saat menyanyikan lagu ini. Belajar dengan bernyanyi!
  • Mirai e – Di urutan kedua adalah lagu yang dipopulerkan oleh duo girl band Kiroro. Lagu ini populer di telinga saya saat duduk di bangku kuliah semester awal. Lagu ini sering diputar saat menunggu detik-detik jam perkuliahan dimulai karena kebetulan ada dalam daftar playlist di komputer kelas. Lagu ini terdengar sedih, melankolis, dan haru. Saya sempat mengira lirik lagu ini bercerita tentang seorang gadis yang menantikan seorang laki-laki untuk menjadi teman hidupnya di masa depan. Namun, setelah ditelusuri ternyata apa yang saya pikirkan tidak tepat. Ternyata lirik lagu ini menceritakan tentang kasih sayang seorang ibu dan penyesalan seorang anak yang telah menyia-nyiakan kasih sayang ibunya. Lirik lagunya memiliki pesan yang bagus. Oiya Mirai e artinya menuju masa depan.
Sumber : 2.http://djemz.mywapblog.com

sumber gambar :  http://djemz.mywapblog.com

  • Ue o Muite Arukou – Lagu yang dinyanyikan oleh Kyu Sakamoto dan diciptakan oleh Rokusuke Ei dan Hachidai Nakamura ini telah diubah ke dalam berbagai bahasa di dunia. Pun musiknya digubah dalam berbagai versi. Dan lagu ini telah dicover oleh lebih dari 150 musisi/penyanyi terkenal di seluruh dunia. Di luar Jepang, seperti Eropa dan Amerika lagu ini lebih dikenal dengan judul Sukiyaki. Lagu yang jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia yang berarti “mari berjalan sambil melihat ke atas” ini terdengar mudah dan ringan saat didengarkan. Saat pertama kali mendengarkan lagu ini saya merasa lagu ini berada dalam situasi dan suasana hati yang ceria. Namun, setelah browsing via mbah google arti dan makna dari lagu ini pun adalah sebaliknya. Melodi lagu yang terdengar seperti lagu gembira ini setelah memperhatikan lirik lagu yang sebenarnya adalah bernada sedih “Marilah berjalan sambil melihat ke atas, supaya air mata tidak jatuh ke pipi.” Meskipun bernada sedih, tetapi lagu ini memiliki pesan bahwa dalam menghadapi kesedihan atau penderitaan hidup kita harus tetap tegar dan selalu tetap memiliki harapan.
sumber : https://id.wikipedia.org

sumber gambar : https://id.wikipedia.org

  • Arigatou – Satu lagi lagu yang membuat saya tertegun karena liriknya. So sweet! Saya mengetahui lagu ini secara tidak sengaja saat menonton salah satu program TV NHK World (lupa lagi nama acaranya). Waktu itu diputar cuplikan penampilan secara langsung band Ikimono Gakari yang tengah menyanyikan lagu berjudul Arigatou (Terima Kasih) ini. Mendengar melodinya walaupun sekilas saya pun langsung suka dan esoknya langsung cari tahu tentang lagu ini di mbah Google. Ikimono Gakari ini band aliran J-rock pop yang terdiri dari 3 orang berbakat yaitu, Kiyoe (vokal), Yoshiki (gitar), dan Yamashita (gitar). Lagu-lagunya banyak yang dijadikan Original Sound Track untuk film anime Jepang seperti salah satunya yang populer adalah “Blue Bird” yang merupakan lagu OST anime Naruto Shippuuden.
  • Kizuna – Judul lagu yang berarti “bonds” atau “ikatan” yang dinyanyikan oleh Atari Kousuke, si pemilik suara sendu tapi unik ini mampu mencairkan hati dan membuat saya jadi merasa melankolis saat mendengarkannya untuk pertama kali. Sampai saat ini susah sekali mencari terjemahan lirik ini, tapi kedengarannya lirik ini sangat memiliki makna yang dalam. I can feel it while I hear it!
Sumber : www.generasia.com

sumber gambar : http://www.generasia.com

  • 5 x 10 – Dengan melihat judul lagu yang tidak biasa, hanya berupa angka saya langsung penasaran dengan lagu ini. Diambil dari album All the BEST! 1999-2009 [Disc 2] nya Arashi (grup yang saat ini menjadi favorit saya, hehe) menjadi lagu pertama pilihan saya untuk diputar di playlist. Saya langsung jatuh hati dengan lagu ini, terutama karena bagian ngerap Sho-kun yang hampir di semua bagian dan lirik lagu yang memiliki makna tersendiri untuk Arashi maupun para fans. Jadi, lagu ini bercerita perjalanan mereka selama 10 tahun berkarya di dunia industri musik Jepang dari mereka yang bukan siapa-siapa menjadi mereka yang saat ini. Lagu ini menjadi penutup konser mereka di  Arashi Anniversary Tour 5×10 yang diadakan di Stadion Olimpiade Nasional Tokyo. Perjuangan yang tidak mudah!
  • Hikari Aru Mono ‘Somewhere in Light’ kira-kira itu terjemahan lagu ini dalam bahasa Inggris. Lagi-lagi saya tahu lagu Jepang yang satu ini dari parabola tua yang berhasil menangkap channel NHK World TV di rumah. Sebagai orang kampung, rasanya senang sekali stasiun TV ini muncul karena menjadi pilihan yang layak untuk ditonton. Lagu ini merupakan theme song dari acara dokumenter “Tomohiro’s Railway Tour of China” yang berdurasi sekitar 10 menit-an dimana acara ini berisi petualangan Tomohiro Sekiguchi yang backpacker-an ke China, tepatnya keliling China menggunakan kereta. Sugoi lah! Lagu ini dinyanyikan oleh Yurika Ohyama dari album 6 Teardrops. Suara Yurika yang lembut dan alunan melodi yang slow memang cocok menjadi theme song dari acara yang sudah sampai berpuluh-puluh episode ini.
sumber : www.jpopasia.com

sumber gambar : http://www.jpopasia.com

  • Michi ~ to You All ~ – Lagu yang merupakan lagu tema  Naruto Shippuden Ending #2 ini dipopulerkan oleh duo grup yang menamai diri mereka dengan Aluto dengan Fujita Daigo sebagai vokal dan juga bermain gitar serta Satou Honoka sebagai backing vokal dan violin. Lagu ini secara tidak sengaja saya temukan di file folder komputer yang sempat berada di bawah kekuasaan adik saya. Sekali, dua kali, tiga kali diputar, jadilah saya suka lagu ini.

  • Tokyo“Tokyou wa kowai dei teta” (Tokyo kota yang menakutkan), kira-kira sepenggal lirik lagu yang dituangkan oleh sang penyanyi yaitu Yui dalam gubahan lagu yang terinspirasi dari kisahnya sendiri saat memutuskan untuk mengejar mimpinya ke Tokyo. Lagu yang direkomendasikan seorang teman untuk mencoba didengarkan dengan seksama dan saya jatuh hati dengan lagu ini setelah membaca arti lirik dari lagu ini yang begitu inspiratif.

  • Sekai ni Hitotsu Dake no Hana(A Flower There’s Only One Of In The World). ‘Kamu tak perlu menjadi yang nomor satu, karena pada dasarnya kamu satu-satunya yang teristimewa. Karena itu kita sebagai manusia mengapa membandingkan yang satu dengan yang lain dan ingin menjadi yang nomor satu? Ketahuilah setiap orang diciptakan berbeda-beda’. Itulah, sepenggal lirik yang di terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia sekaligus pesan yang terkandung dalam lagu ini. Lagu ini bisa dibilang ‘legendary song’ di negaranya. Bisa dijamin hampir semua orang Jepang tahu lagu ini. Lagu yang dipopulerkan oleh boyband (atau istilahnya idol grup) SMAP ini memang sudah tidak asing lagi di telinga para penggemarnya disana. Selain karena easy listening, lagu ini juga sarat akan makna. Dan saya baru-baru ini mulai menyukainya.

Ya, itulah 10 lagu Jepang terfavorit versi saya. Bagi saya, selain menyukai musiknya yang memiliki kekhasan tersendiri dan lirik dengan tema yang beragam, lebih daripada itu lirik lagu Jepang mengandung sarat akan pesan, nilai, dan makna yang ingin disampaikan kepada pendengarnya. Tidak semua tentunya tetapi yang bagus layak untuk direkomendasikan. Bagi J-pop lovers, lagu Jepang apa saja yang menjadi favorit Anda?

~FitRah~

Leave a Reply

