Purble Pairs Games

18 Sep

Permainan ini terinspirasi dari Games Purble Pairs yang ada di komputer. Permainannya sangat sederhana yaitu harus mencari pasangan gambar yang sama persis. Permainan ini saya buat menjadi manual sehingga dapat dimainkan dimana saja, kapan saja, dan bersama siapa saja. Saya membuat permainan ini sendiri berawal dari permintaan anak-anak TPR* untuk bermain games setelah pelajaran selesai. Saya pikir supaya tidak bosan, saya harus membuat permainan yang lain namun tetap memberikan edukasi. Dan inilah langkah-langkah untuk membuat Purble Pairs manual dan sederhana ala Fitri Rahmawati :

  • Siapkan alat dan bahan yang diperlukan

edit1.1

Pemilihan kertas karton digunakan agar tidak terlalu tipis dan lebih awet dibandingkan dengan kertas HVS. Penggunaan cutter bisa diganti dengan gunting, jika tidak ada. Untuk membuat gambar atau tulisan dapat menggunakan pensil, pulpen, crayon, dan spidol. Tetapi, agar lebih menarik gunakan alat tulis yang berwarna-warni.

  • Ambil kertas karton, dan lipat horizontal menjadi beberapa bagian dengan ukuran yang sama (ukuran tergantung keinginan, bebas). Kemudian, setelah terbentuk garis lipatan, potong menjadi beberapa bagian dengan menggunakan cutter. Agar hasil potongan lebih rapi, gunakan penggaris untuk membuat garis lurus saat cutter digunakan. Setelah kertas karton terbelah menjadi beberapa potongan yang sama panjang, maka kertas kemudian dilipat menjadi dua bagian sama panjang dan dilipat kembali menjadi bagian-bagian kecil yang sama panjang.

edit3

  • Potong kembali pola lipatan yang sudah ada dengan menggunakan cutter dan penggaris. Jumlah disesuaikan dengan kebutuhan, tetapi harus dalam bilangan ganjil untuk memudahkan penentuan pemenang. Setelah terbentuk potongan-potongan kecil, kemudian kita bisa membuat bermacam-macam pola, gambar, angka, huruf atau tulisan. Maka, buat dua gambar yang sama persis.edit4
  • Sehingga hasil akhirnya akan seperti ini.edit2
  • Jika telah selesai saatnya permainan dimulai. Permainan ini dapat dimainkan oleh 2 – 4 orang pemain. Tetapi bisa juga dimainkan sendiri ataupun bersama-sama banyak orang. Aturan permainan : Posisi kartu dikocok/diacak terlebih dahulu, kemudian kartu dijajarkan terbalik (bagian bergambar berada di bawah), untuk menentukan siapa yang pertama memiliki kesempatan membuka kartu dapat ditentukan dengan ‘hompimpa’ atau ‘suit’ atau pun ‘janken (kertas, batu, gunting)’, pemain hanya diperbolehkan membuka dua kartu dalam setiap putaran (Apabila pada saat kartu dibuka ternyata berpasangan maka dapat dibiarkan terbuka atau dikeluarkan dan pemain mendapat poin. Apabila pada saat kartu dibuka ternyata tidak berpasangan maka kedua kartu dibalikkan kembali ke posisi awal). Pemain yang mendapatkan kartu berpasangan terbanyak, dialah pemenangnya.

edit5

  • Jika telah selesai bermain, agar tidak tercecer kartu disusun kembali dengan rapi sesuai kategori.

edit6         Permainan sederhana ini bermanfaat untuk melatih daya ingat, konsentrasi, dan juga fokus pada anak-anak khususnya. Pada orang lanjut usia pun tentunya dapat diaplikasikan.

Selamat bermain!

*TPR = Ta’lim Pagi Ramadhan

~FitRah~

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: