Mini Project Orientasi Komunitas Ibu Profesional

13 Apr

PicsArt_04-13-06.00.36

 

Judul : Sharing, Giving, and Caring

Deskripsi Kegiatan : Program ini merupakan ide yang tercetus secara spontan kala memikirkan hal apa yang bisa dilakukan saat berdinas di ruang rawat inap untuk pertama kalinya di bulan Ramadhan. Karena pekerjaan saya sehari-hari sebagai perawat, saya ingin melakukan hal yang bisa memberikan manfaat lebih untuk pasien dan keluarga di unit tempat saya bertugas. Kegiatan Sharing, Giving, and Caring ini rencananya terdiri dari 3 kegiatan utama yang akan dilaksanakan selama bulan Ramadhan (± 30 hari).

Poin 1 Sharing : Saya akan membuat semacam leaflet/flyer berisi tentang tuntunan ruhani pada orang sakit (baik itu berisi doa sehari-hari, shalat, berpuasa, dan bersuci pada orang sakit). Ini ada kaitannya dengan pemenuhan kebutuhan spiritual pasien tirah baring yang kadang luput dari perhatian saya sebagai perawat. Leaflet/flyer akan dibagikan kepada pasien dan keluarga di ruang rawat inap tempat saya bertugas.

Poin 2 Giving : Di tengah pandemi global virus Corona yang saat ini tengah dihadapi berbagai belahan dunia dan tak terkecuali di Indonesia, himbauan penggunaan masker untuk mencegah dan memutus rantai penularan serta melindungi diri dari paparan virus Covid-19 semakin gencar dilakukan. Namun, belum semua orang, khususnya keluarga para penunggu pasien memakai masker dan barangkali juga kesulitan mendapatkan masker di pasaran. Padahal mereka pun sama memiliki resiko terpapar virus. Maka, target saya memberikan 1 buah masker kain pada keluarga penunggu pasien selama bulan Ramadhan.

Poin 3 Caring : Lebih peduli lagi dengan pasien, tidak mengeluh saat menghadapi berbagai keluhan pasien, tidak lupa mengingatkan pasien dan keluarga untuk selalu cuci tangan dan etika batuk, waktu shalat, waktu sahur, dan waktu berbuka selama bulan Ramadhan saat berdinas sesuai jadwal shift.

 

Kebutuhan/Susunan Tim :

Perawat/Edukator : Fitri Rahmawati dan partner jaga

Logistik : Fitri Rahmawati

Donatur : Fitri Rahmawati dan siapapun yang ingin berdonasi

Desain dan Layout Flyer/Leaflet : Fikri M. Fauzi

Content Flyer/Leaflet : Fitri Rahmawati

Supervisi Content : Paman

 

Sasaran : Pasien dan Keluarga penunggu pasien

Waktu : Selama bulan Ramadhan ± selama 30 hari sebagai pembiasaan atau sesuai jadwal tugas jaga shift (harapannya dapat berlanjut setelah Ramadhan berakhir)

Tempat : Ruang Rawat Inap Marjan Bawah RSUD dr. Slamet Garut

 

Estimasi Dana :

Masker Kain ± 100 buah = 500.000

Jasa Desain = 100.000

Biaya Fotokopi 100 lembar = ± 400.000

Biaya Print = ± 5.000

Total = Rp. 1.005.000

 

Parameter Keberhasilan :

100 lembar flyer/leaflet diterima oleh pasien/keluarga dan isi materi di dalamnya dapat dipahami.

Masker kain diterima oleh keluarga pasien dan digunakan saat berada di lingkungan RS maupun saat berada di luar. Keluarga memahami protap penggunaan masker kain. (Jumlah masker yang diberikan sesuai dengan jumlah pasien saat itu. Satu masker kain untuk satu keluarga penunggu pasien).

Saya lebih siaga akan kebutuhan pasien dan keluarga dan lebih bahagia serta bersyukur atas profesi yang saya jalani setiap harinya.

Leave a comment